Formula 1

Kota Madrid Gelar Formula 1 Mulai 2026

Fomula 1 mengumumkan secara resmi bahwa mulai 2026 hingga 2035, GP Spanyol akan digelar di kota Madrid dari yang sebelumnya di Barcelona.
Nantinya, balapan akan berlangsung di sebuah sirkuit baru yang terletak di pusat ibu kota Spanyol tersebut, dekat dengan pusat fasilitas IFEMA.
Formula 1 menyebut bahwa secara jarak, sirkuit ini hanya memiliki jarak tempuh selama lima menit saja dari bandara Barajas Adolfo Suarez.
Lokasi strategis ini membuat GP Spanyol di Madrid nanti akan menjadi salah satu ajang balapan yang paling mudah diakses karena tersedianya berbagai transportasi umum.
Baca juga: Mohamed Salah Tinggalkan Sementara Piala Afrika untuk Jalani Pemulihan
Secara lintasan, sirkuit IFEMA memiliki panjang 5,47 kilometer dengan 20 tikungan. Diprediksi, satu putaran lap akan ditempuh dengan waktu selama 1 menit 32 detik.
Secara daya tampung, tribun di sirkuit ini bisa diisi oleh 110 ribu orang per harinya. Bahkan, terdapat rencana untuk memperbesarnya hingga 140 ribu.
“Madrid adalah kota yang luar biasa dengan warisan budaya serta olahraga yang hebat. Pengumuman hari ini memulai babak baru yang menggairahkan untuk F1 di Spanyol,” kata Presiden dan CEO F1, Stefano Domenicali.
Melansir BBC Sport, terakhir kali kota Madrid menggelar balapan Formula 1 adalah pada 1981 silam.
Sejak 1991, balapan di Spanyol memang digelar di Barcelona. Sebelum itu, Jerez yang terletak di Andalusia menjadi tempat penyelenggaraan sejak 1986 hingga 1990.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>